Selasa, 19 Februari 2013

Anak Bodoh


Ketika seorang pengusaha sedang memangkas rambutnya pada Pak Saman, mereka melihat ada seseorang anak kecil melompat-lompat di depan mereka. Pak Saman berkata, "Itu Toil, dia anak paling bodoh di dunia"
"Apa iya?" tanya sang pengusaha. "Mari... saya buktikan," kata Pak Saman dengan bersemangat, lalu Ia memanggil si Toil. Pak Saman merogoh kantongnya dan mengeluarkan kepingan uang logam 1000 dan 500, lalu ia berkata, "Toil, kamu boleh pilih dan ambil satu saja dari uang ini. Terserah kamu mau yang mana, ayo pilih!"
Toil pun melihat ke tangan Pak Saman dimana ada dua keping uang logam 1000 dan 500, lalu dengan cepat tangannya bergerak mengambil keping uang logam 500. Pak Saman lalu lalu berbalik kepada sang pengusaha dan dengan perasaan menang dia berkata, "Benar kan yang saya katakan tadi, Toil itu anak terbodoh yang pernah saya temui."
"Sudah tak terhitung berapa kali saya lakukan tes seperti itu tadi dan ia selalu mengambil uang logam yang nilainya paling kecil." Ketika sang pengusaha selesai memangkas, di tengah perjalanan pulang dia bertemu Toil. Karena penasaran, ia pun memanggil lalu menanyainya. "Toil, tadi saya lihat kamu mengambil uang yang 500, kenapa kamu tidak ambil yang 1000. Kan , yang 1000 itu nilainya dua kali lipat dari yang 500."
Toil memandang kepada si pengusaha, ia ragu-ragu untuk mengatakannya. "Ayo beritahu saya, kenapa kamu ambil yang 500," desak sang pengusaha. Akhirnya si Toil pun berkata, "Kalau saya ambil yang 1000, berarti permainannya akan selesai"....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar